TKN: Mbah Moen Tak Mungkin Dukung Prabowo di Samping Jokowi

Kristian Thomas         No comments
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menjelaskan soal polemik potongan video Kiai Maimoen Zubair sedang mendoakan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Menurut Karding, kiai sekelas Maimoen atau karib disapa Mbah Moen, tak akan memberi dukungan kepada Prabowo di saat duduk berdampingan dengan Presiden Joko Widodo.

"Saya kira logikanya orang sekaliber Mbah Maimoen tak akan mungkin memberikan dukungan langsung ke Pak Prabowo di samping Pak Jokowi. Jadi saya kira nalar kita, kita pakai," kata Karding melalui pesan suara, Sabtu (2/2).


Karding menerangkan dalam acara itu, Mbah Moen sengaja mengundang Jokowi ke Pondok Pesantren Al Anwar, Rembang, Jawa Tengah dalam acara zikir bersama. Acara itu disebut dihadiri kiai se-Jawa Tengah dan alumni pondok pesantren tersebut.

"Dan sesungguhnya beliau [Mbah Moen] ingin mengatakan bahwa secara simbolik, saya Mbah Maimoen mendukung Pak Jokowi dua periode," ujarnya.

Lantas, terhadap potongan video doa Mbah Moen yang beredar, Karding menilai itu sebagai bentuk penggiringan opini yang memalukan.

"Bahwa ada doa yang beredar menyebut Pak Prabowo bisa jadi itu framing, yang menurut saya framing terlalu berlebihan dan malu-maluin," ujarnya.

Terlebih, lanjut dia, Mbah Moen serta Pondok Pesantren Al Anwar telah menyampaikan klarifikasi dan tabayun atas doa tersebut, termasuk soal dukungan kepada Jokowi.

Karenanya, Karding meminta agar kubu pasangan calon nomor urut 02 berkampanye dengan hal yang lebih substantif dan tidak mengangkat isu yang remeh temeh.

"Sehingga untuk menang, tidak perlu dengan cara-cara ini lah, menang aja dengan kerja, prestasi, kampanye lebih baik lagi. Jangan yang remeh temeh, yang berselancar di atas hal-hal yang tak penting," kata dia.

Di media sosial, video rekaman doa Mbah Moen telah banyak beredar dengan beragam versi dan durasi. Dalam versi video yang lebih panjang, Mbah Moen terlihat dihampiri oleh Ketua Umum PPP Romarhumuziy usai memanjatkan doa.

Tak lama setelah keduanya berbincang Mbah Moen kemudian mengklarifikasi doanya yang menyebut nama Prabowo.

"Jadi kalau saya luput (salah) sudah tua, saya umur 90 lebih," tutur Mbah Moen.

"Jadi dengan ini saya pribadi, siapa yang ada di samping saya, enggak ada kecuali Pak Jokowi," Mbah Moen menambahkan.

Presiden Jokowi yang duduk di samping Mbah Moen terlihat mengangguk mendengar klarifikasi itu. (swo/wis)

Source : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190202153920-32-365976/tkn-mbah-moen-tak-mungkin-dukung-prabowo-di-samping-jokowi

Published by Kristian Thomas

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

Popular Post

Contact

Powered by Kristian Thomas.